Ulang Tahun Ke-65, SBY Dapat Kado 16,6 Juta Rupiah

Sunday, October 5, 2014 | comments


AQ88BET.COM - Karya Cipta Indonesia (KCI) merupakan LMKI (Lembaga Manajemen Kolektif Indonesia) yang pertama dan terpercaya di Indonesia. Lembaga ini didirikan oleh para tokoh pencipta lagu serta para pemerhati dan pencinta musik, DPR, serta pemerintah.
KCI pun telah banyak mendapatkan kuasa dari para pencipta lagu Indonesia, termasuk kuasa dari bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam hal mengumpulkan royalty. Khususnya, KCI diberi hak untuk mengumumkan royalti, alias performing right.
Pada 9 September lalu, tepat di hari ulang tahun SBY yang ke-65, KCI telah menyerahkan kado istimewa berupa royalty sebesar Rp 16,6 juta. Seperti yang diketahui semua orang, SBY memang termasuk salah satu pencipta lagu dan penyanyi.
"Ini bukanlah bentuk gratifikasi, tetapi ini merupakan hak beliau selaku pencipta lagu (composer), yang dibayarkan oleh para pengguna karya-karya beliau seperti, rumah-rumah karaoke, panggung pertunjukan, siaran radio, televisi, hotel dan restoran serta tempat-tempat hiburan lainnya," kata Dharma Oeratmangun, ketua umum KCI kepada wartawan (3/10).
Ditambahkan Dharma, tak hanya SBY yang bakal terus menerima royalti dari karya-karyanya, namun juga semua pencipta lagu yang menjadi anggota KCI. Bahkan hingga sang pemilik hak wafat, royalti akan terus mengalir.
"Royalti ini akan diterima seumur hidup bagi seluruh pencipta lagu termasuk pak SBY, bahkan apabila si pencipta lagu wafat royalty tetap akan diberikan kepada ahli warisnya sepanjang 70 tahun terhitung sejak si pencipta lagu wafat," tambahnya.
Ketentuan ini merupakan salah satu amanat yang telah diatur oleh undang-undang hak cipta yang baru saja disahkan oleh DPR. "Hal ini sesuai amanat undang-undang tentang hak cipta yang disahkan oleh DPR RI pada 16 September 2014 lalu," tambah Dharma.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2011. bandar online betting - All Rights Reserved